PERMAINAN OLAHRAGA UNTUK AUD

 

 

 

MAKALAH OLAHRAGA

 

 

”MALING RONDA”

 

 

 

Oleh:

YORA GUSPITA

54397/2010

 

 

 

 

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

 

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2 0 12 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya sehngga dapat menyelesaikan makalah tentang suatu permainan yang berhubungan dengan olahraga yaitu permainan tebak warna.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk melengkapi tugas pada mata kuliah pendidikan olahraga. Selain itu, makalah ini berguna tambahan wawasanpembaca tentang permainan dalam olahraga.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, sangat diharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca agar makalah ini dapat mendekati kesempurnaan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca.

Padang, 03 November 2012

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar  belakang

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan menurut organisasi kesehatan dunia menyebutkan bahwa kesehatan merupakan suatu keadaan fisik, mental dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan.

Salah satu upaya agar badan sehat adalah berolahraga dengan rutin. Olahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Banyak sekali macam olahraga yang kita ketahui seperti lari, tenis meja, lompat jauh, angkat besi, sepak bola, bermain voli,basket dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. B.     Tujuan

Adapun tujuan dari permainan ini adalah:

  1. Melatih kemampuan otak berfikir saat diberi intruksi yang sifatnya tersirat
  2. Melatih kesegaran jasmani saat berlari
  3. Melatih kekompakan dalam team

BAB II

PEMBAHASAN

MALING RONDA

  1. Persiapan permainan
    1. Sebelum permainan dimulai terrlebih dahulu membuat  garis-garis ronda ditanah dengan menggunakan kayu ataupun barang yang ada disekitar yang memungkinkan untuk membuat garis tersebut ,seperti gambar 1 berikut:

Gambar 1. Garis-garis ronda

  1. Pemain terdiri dari dari 2 grup yaitu grup wanita dan grup pria
  2. Setiap grup berperan sebagai penjaga ronda dan maling
  3. Penjaga ronda terdiri dari 5-8 orang dan sisanya berperan sebagai maling
  4. Waktu yang diperlukan saat bermain yaitu sekitar 10-15 menit
  1. Langkah-langkah permainan
    1. Penjaga ronda berdiri di post-post yang telah disediakan yaitu tepat berada digaris,
    2. Para maling berada diluar garis-garis seperti gambar 2 berikut:

Gambar 2. Posisi penjaga ronda dan maling

Keterangan:

: maling

: penjaga ronda

  1. Penjaga ronda berusaha agar para maling tidak berhasil masuk(melewati garis yang dijaga oleh penjaga ronda), tetapi penjaga ronda ini hanya bisa bergerak atau berjalan dan berlari di garis-garis saja.
  2. Para maling harus berusaha menembus atau menerobos masuk tanpa tertangkap oleh  penjaga ronda, jika maling tertangkap terpaksa dia harus dimasukan ke penjara (penjara artinya kalah tidak boleh meneruskan permainan) dan diberi hukuman seberat-beratnya (diakhir permainan mengendong yang menang  atau mengendong teman seperjuangan)
  3. Para maling tidak boleh masuk atau melewati penjaga terakhir jika temannya(sesama maling) masih berada atau belum melewati penjaga pertama. Seperti gambar 3 berikut:

Gambar 3. Maling melewati penjaga ronda

  1. Setelah maling terakhir masuk, maling-maling yang lain terus berusaha melewati penjaga ronda terakhir setelah sudah melewati penjaga terakhir maling-maling tersebut berusaha keluar yaitu melewati penjaga ronda lagi dengan arah sebaliknya (melewati lagi penjaga-penjaga yang sudah dilalui)
  2. Jika sang maling berhasil menembus atau sampai dengan selamat melewati penjaga-penjaga ronda secara bolak-balik, maka permainan maling ronda ini dimenangkan oleh para maling dan jika para maling tidak berhasil melewati penjaga ronda yang diberi waktu sekitar 10-15 menit maka para penjaga rondalah yang menang.
  3.  Sanksi pelanggaran
  • ●Jika pada saat permainan sedang berlangsung para pemain melakukan pelanggaran maka dia langsung kalah, yaitu tidak diperkenankan untuk mengikuti permainan.

●Bagi para pemain yang kalah mendapat hukuman yaitu mengendong pemain yang menang, jika yang kalah lebih banyak dari pada yang menang, maka yang kalah mengendong sesama yang kalah secara bergantian.

 

PENUTUP

  1. a.    Kesimpulan
    1. Berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh apalagi bagi jantung kita.
    2. Banyak permainan anak-anak yang bisa dijadikan olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan.
    3. Permainan ini meningkatkan daya pikir anak, kebugaran serta kekompakan dalam kelompok.
    4. Terdapat banayk aspek dalam permainan in yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Didalam permainan di domisili dengan aspek psikomotornya.
    5. b.   Saran

Berolahragalah setiap hari dengan teratur karna dengan berolah raga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Kita tidak perlu melakukan olahraga dengan waktu lama tapi kita bisa berolah raga dengan berbegai permainan-permainan yang menyenangkan sambil bercanda dengan waktu singkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s